Recent Posts

penyebab utama terjadinya defisit anggaran negara Indonesia


Negara indonesia merupakan  salah satu negara terbesar jumlah pendudukanyadi dunia. Selain itu negara indonesia juga dikenal sebagai negara terbesar akan kekayaan dibidang sumber daya alam baki hasil bumi maupun hasil perairan.
Namun meskipun duah dikui dimata dunia, perekonomian di indonesia masih mengalami ketidakstabilan dibidang perekonomian. Anggran Pendapatan dan Belanja negara Indonesia mengalami defisit.


Seperti pada data yang diperoleh dari sumber Wikipedia tentang anggaran pendapatan dan pembelanjaan negara disebutkan bahwa, jumlah pendapatan negara pada tahun 2015 berjumlah 1,762,3 trilliun. Jumlah itu yang tertuang tersebut merupakan jumlah yang sudah dianggarkan oleh pemerintah kberdarkan kebutuhan seluruh negara.
dari jumlah anggaran tersebut juga telah dituangkan sumber pendapatan pasti akan diterima oleh negara berupa penerimaan perpajakan 1.370,8 triliun dan penerimaan negara bukan pajak sebesar sebesar 388.0 trilliun serta penerimaan hibah diperkirakan sebesar 3,4 triliun.
Jika dibandingkan dengan jumlah dana yang dibutuhkan untuk belanja negara yang berjumlah 2.019,9 trilliun sangat jauh mengalami kekurangan dari dana yang sudah dianggarkan dengan rincian belanja pemerintah pusat sebesar 1.379.9  triliun dan dana yang akan di transfer ke daerah sebesar 640.0 triliun. Dari data diatas, sudah bisa kita baca bahwa tingkat pendapatan dengan jumlah pengeluaran tidak sama.

Terjadinya defisit negara di indonesia dikarekan beberapa faktor sebagai berikut:

1.        Tingkat korupsi di indonesia yang sangat tinggi
Suatu informasi yang sudah tidak bisa kita bantah bahwa indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kasus korupsi terbanyak di dunia. Banyaknya dana yang hilang dan tidak jelas kemana perginya merupakan salah salah satu penyebab kekurangan pemasukan negara Indonesia.  Masih sangat mengalami kekurangan orang orang jujur sehingga banyak orang yang lebih memilih menjadi maling uang rakyat.

2.        Borosya penggunaan anggaran

Menentukan sasaran anggaran negara merupakan sesuatu hal yang paling panting dalam mengelola keuangan. Pengalokasian uang negara pada hal hal yang seharusnya kurang penting menimbulkan pemborosan apalagi jika uang yang dikeluarkan berjumlah tinggi dan pastinya akan

3.        Pemberian subsidi kurang tepat

Salah satu program pemerintah indonesia dari dulu hingga sekarang ialah membantu orang orang yang tidak mampu atau ekonominya berada di bawah standar kesejahteraan. Bentuk bantuan pemerintah kepada masyarakat Indoensia ialah memberikan subsidi bagi masyarat. Namun kenyataannya, pemberian subsidi tersebut kurang efekif  karena subsidi yang seharusnya bagi masyarakat yang ekonominya rendah malah dinikmati oleh para masyarakat yang ekonominya berada di atas rata-rata atau bisa dikatakan sudah sejahtera.

Nah, bagaimana cara menghindari defisit anggaran yang terus menerus??

a.              Penerimaan pajak harus dimaksimalkan

Tingkat pendapatan negara terhadap pajak sesungguhnya sudah besar. Kesadaran membayar pajak di Indonesia masih kurang. Hal ini disebabklan kerena kebiasaan orang indonesia dari dulu  tidak mau membayar pajak. Selain itu cara pemerintah masih belum sanggup mengubah budaya tersebut. Belum lagi kasus korupsi pajak yagn lumayan tinggi

b.              Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) harus terus ditingkatkan

salah satu pendapatan negara pasti yaitu pendapatan negara bukan pajak. Sebernarnya tingkat pendapatan negara ini hanya saja kurang maksimal karena kurangnya pengawasan pemerintah yagn bersangkutan serta pengalokasian yang kurang baik.

c.              Melakukan pengawasan terhdap istrumen utang

Perlunya pengawan utang terhadap intrumen  utang supaya seluruh pendapatan negera tersebut benar bernar masuk ke kas negara dan bisa dimanfaatkan dengan baik.

d.             Melakukan Restrukturisasi utang

Tujuan melakukan Restrukturisasi utang supaya makin banyakanya alternatif yang akan di pilih serta tingkat persaingan semakin berwarna.




penyebab utama terjadinya defisit anggaran negara Indonesia penyebab utama terjadinya defisit anggaran negara Indonesia Reviewed by Unknown on 00:24 Rating: 5

No comments:

Home Ads

Powered by Blogger.