Recent Posts

Tips bermain saham bagi pemula supaya gak kena rugi terus menerus dan Alasan orang tidak ikut saham dan

Salah satu kegiatan ekonomi yang masih belum cukup berkembang di Indonesia ialah Pasar modal.
Jika dibandingkan dengan negara lain misalnya Singapura, tingkat presentase permainan saham masih lebih tinggi dibandingkan dengan indonesia. 
Bedasarkan sumber salah satu yaitu Kompas.com disebutkan bahwa jumlah pemain saham di Indonesia masih cukup minim sekitar 388.960 namun berita pada tahun 2015. tetapi berita baiknya ialah tingkat dan jumlah pemilik saham per bulan Juli 2016 semakin meningkat menjadi 491.116.

Meskipun berita tersebut sedikit mengangkat derajat orang Indonesia di bidang penaman modal di bursa saham, namun jika dibandingkan dengan jumlah masyarakat indonesia yang layak ikut saham secara keseluruhan sesungguhnya masih dalam hitungan kecil.
Jadi kita jangan terlalu berbangga hati atas pencapaian tersebut.
Sebenarnya Banyak hal yang menjadi penyebab mengapa banyak orang Indonesia orang yang tidak ikut dalam penanaman modal di bursa saham.

Hal hal tersebut ialah
1. Pengenalan akan pasar modal kepada masyarakat oleh pemerintah Indonesia sangat minim. Pemerintah merupakan salah satu pemeran utama dalam pengenalan akan manfaat penanaman saham di pasar modal. jika pemerintah menginginkan adanya pertumbuhan pemilik saham yang makin meningkat maka harus ada terobosan baru oleh pemerintah untuk mengambil hati masyarakat dan tertarik ikut di pasar modal
2. Ketidaktahuan masyarakat terhadap manfaat penanaman saham di pasar modal.
3. Sifat yang tidak mau tahu merupakan sifat orang Indonesia pada umumnya. Sehingga menyebabkan informasi susah masuk kepada masyarakat.
4. Orang kebanyakan takut mengambil resiko pada umumnya. Bukan teori baru, tapi kebanyakan orang takut mengambil resiko kerena memang di pasar modal ada istilah Untung dan rugi.
5. Ada yang mau ikut tetapi tidak tau cara yang dan memilih saham yang baik dalam penanaman saham di pasar modal. 

Nah, bagi yang mau bergabung dalam penanaman saham di pasar modal maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih saham.

1. Hati hati terhadap saham yang istilahnya Saham Gorengan. Saham Gorengan maksudnya ialah saham yang dikendalikan oleh orang orang tertentu dan nilai sahamnya mudah di ubah oleh mereka dan efeknya mudah menimbulkan kerugian bagi pemilik saham minoritas.
2. Fundamental
     a. PER (Price Earning Ratio) yaitu kemampuan menghasilkan laba per lembar saham bagus. makin kecil makin bagus.
     b. PBV (Price to book) masih dalam keadaan bagus. makin rendah makin bagus
3. Sahamnya Likuid. artinya bagus dan terus aktif
4. Historical Price masih tetap aktif
5. Perlunya memperhatikan Kredibilitas pemegang saham mayoritas.
6. Perlunya memperhatikan investor asing. Dalam hal ini, jika banyak investor asing dalam suatu saham, kemungkinan sahm tersebut bagus.
7. Memperhatikan Aksi perusahaan. hal baru apa yang akan di lakukan perusahaan yang menunjang kepercayaan masyarakat dan pengembangan perusahan ke arah yang lebih baik.
8. Analisis jangka pendek. perlunya menganalisis apakah saham yang akan kita beli menghasilkan keuntungan dalam kurun waktu pendek.
9. Prospek perusahaan ke depan.
10. Jumlah saham yang beredar banyak. 

Nah, begitu beberapa alasan mengapa orang tidak ikut saham serta tips yang perlu diperhatikan dalam penanaman saham di pasar modal.

Selamat bergabung... :)
Tips bermain saham bagi pemula supaya gak kena rugi terus menerus dan Alasan orang tidak ikut saham dan Tips bermain saham bagi pemula supaya gak kena rugi terus menerus dan Alasan orang tidak ikut saham dan Reviewed by Unknown on 13:59 Rating: 5

No comments:

Home Ads

Powered by Blogger.