Recent Posts

uniknya Pulau Komodo, Objek wisata terkenal di Indonesia tujuh keajaiban dunia yang sangat eksotis dan menawan

Indonesia merupakan salah satu negara yang menyimpan sejuta tempat wisata yang sangat mempesona. Salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang terkenal di Indonesia adalah Pulau Komodo.
            Pulau komodo adalah salah satu pulau kecil yang berada di kepulauan nusa tenggara sebelah timur pulau sumbawa yang dipisahkan oleh selat sape. Secara garis wilayah, pulau kecil ini berada di dalam kawasan kecamatan Komodo tepatnya di kabutapen Manggarai barat provinsi nusa tenggara timur, Indonesia. Berdasarkan data geografinya, pulau komodo berada pada koordinat 8,55 derajat LS dan 119,45 derajat BT. Luas wilayah sekitar 390 Km2 dengan jumlah penduduk sekitar 2000 jiwa.
Pulau ini merupakan salah satu tempat habitat hewan komodo yang berukuran besar serta berkembang biak dengan baik. Dikarenakan pulau ini memiliki keunikan tersendiri maka pulau ini dijadikan sebagai kawasan nasional dan dikelolan oleh Pemeritah pusat. Berdasarkan data yang diperoleh dari sumber setempat mengiformasikan bahwa jumlah hewan komodo yang berada di tempat in sekitar 1300 ekor dan secara keseluruhan berjumlah 2500 ekor termasuk yang ada di pulau Rinca dan giling Motang. Sekitar 100 yang berada di tempat cagar alam Wae Wuul tepat di daratan Flores namun tidak termasuk wilayah taman nasional komodo.

Sejarah pulau Komodo

Berdasarkan cerita sejarah, pulau komodo pertama sekali ditemukan oleh salah seorang pasuka Belanda pada tahun 1910. Pada saat itu seorang pasukan  Belanda membunuh seekor komodo lalu melakukan penelitian di Museum and Botanical garden di Bogor, Jakarta. Komodo besar ini mendapatkan julukan Komodo dragon atau Varanus Komodoensis dan lebih dikenal dengan sebutan “ORA” oleh masyrakat sekitar. Spesis ini adalah spesies yang satu satunya berada di pulau Komodo, negara Indonesia dan tidak di temukan negara lain. Pada tahun 2010, Pulau komodo sebagai kawasan taman nasional ini dinobatkan sebagai salah satu dari tujun keajaiban dunia serta pada tahun 1986 terdaftar sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.
Keunikan pulau komodo menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun wisatawan manca negara. Kelangkaan yang dimiliki pulau komodo mengahasilkan jumlah wisatawan yang cukup fantastis. Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah wisatawan yang mengujungi tempat ini mencapai sekitar 80.000 orang yang sekitar 13.000 merupakan wisatawan domestik pertahun.
Selain binatang komodo, Pulau kecil ini juga menyimpan eksotisme lainnya yaitu dibagian flora dengan beragam kayu sepang yang difungsikan sebagai obat dan bahan pewarna pakaian serta pohon nitak yang digunakan sebagai obat dan bijinya yang enak untuk dimakan.

Bila berkujung ke tempat ini, wisatawan tidak perlu susah. Ditempat ini sudah disedikan berbagai fasilitas penujang perjalanan. Berbagai akomodasi seperti hotel dengan berbagai tipe dan kelas sudah ada. Sangat mudah untuk diakses karena berbagai transportasi wisata sudah tersedia seperti bus berbagai ukuran dan jalan menuju ke pulau komodo sudah dibangun dengan baik.

Pesona alam Pulau Komodo






uniknya Pulau Komodo, Objek wisata terkenal di Indonesia tujuh keajaiban dunia yang sangat eksotis dan menawan  uniknya Pulau Komodo, Objek wisata terkenal di Indonesia tujuh keajaiban dunia yang sangat eksotis dan menawan Reviewed by Unknown on 14:14 Rating: 5

No comments:

Home Ads

Powered by Blogger.